TIM Pengabdian Polnustar Berdayakan Pemuda Gereja dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi

SANGIHE, SASTALPos.com – Ketika Teknologi Informasi menjadi sebuah kebutuhan di masyarakat moderen saat ini, tentu membutuhkan pengetahuan yang benar dari orang – orang berkompeten dibidang Teknologi Informasi.

Para peserta pelatihan ketika menerima materi

Menyadari pentingnya Teknologi Informasi ini di masyarakat Sangihe mendorong para Dosen – dosen dari Politeknik Negeri Nusa Utara ( Polnustar)  untuk mengabdikan diri melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Stimulus,

Tim yang diketuai oleh Desmin Tuwohingide, ST.,M.Kom bersama anggota Alfrianus Papuas, SE.,M.Kom, dan Christian Koloay, ST
Memberikan pelatihan kepada Pemuda Gereja GMIST Betania Kalama Darat dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi. Kamis, 24 September 2020

” Dipilihnya Kalangan pemuda Gereja pada Pengabdian masyarakat ini, agar pemuda gereja untuk menjadi tim multimedia dan teknologi informasi di lingkungannya,” Kata Ketua Tim Desmin Tuwohingide.

Baca juga:  WBP Lapas Tamako Mengejar Hidayah Diakhir Pekan 
Ketua Tim Pengabdian Masyarakat ketika menyerahkan bantuan kepada ketua Jemaat

Menurut Enci Desmin sapaan akrabnya Gereja pada zaman ini diperhadapkan pada perkembangan multimedia yang kemudian bisa memasukkan unsur-unsur visual dalam peribadatan Kristen. media visualisasi menjadi kebutuhan dalam menghantarkan peribadatan melalui tampilan teks, gambar atau dokumentasi film.

” Penggunaan layar proyektor serta LCD TV telah menggantikan budaya orang membawa Alkitab serta buku kidung pujian termasuk visual-images dimanfaatkan sebagai media bantu penyampaian khotbah,” paparnya.

Dirinya tidak menapik dimana penerapan Teknologi Informasi dan Multimedia di lingkungan mitra terkendala beberapa permasalahan yang telah teridentifikasi yaitu minimnya ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memahami penggunaan Teknologi Multimedia, Pemanfaatan teknologi informasi yang belum optimal dan belum memiliki sistem pendataan jemaat yang terkomputerisasi.

” lewat kendala – kendala inilah sehingga, tim pengabdian melakukan beberapa kegiatan yaitu mempersiapkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan penggunaan teknologi informasi berbasis multimedia melalui pelatihan penggunaan aplikasi easy worship kepada anggota pemuda gereja, memberikan pelatihan terkait penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi berbasis multimedia dalam kegiatan kebaktian di gereja agar perangkat teknologi informasi dapat dimanfaatkan dengan optimal,” jelasnya.

Baca juga:  Babinsa Belengang Bantu Bangun Rumah Korban Banjir Bandang

Sementara itu, Ketua Jemaat GMIST Betania Kalama Darat Pnt. Herson Tuwohingide dalam sambutannya sangat mengapresiasi program pengabdian yang dilaksanakan oleh polnustar.

” Kegiatan ini sangat membantu pelaksanaan peribadatan di GMIST jemaat Betania Kalama Darat dengan memberdayakan pemuda gereja dan berharap kedepannya Polnustar terus melaksanakan kegiatan-kegiatan pengabdian yang membantu program atau kegiatan gerejawi,” harap Penatua

Di ketahui, untuk menunjang kegiatan mitra, Tim pengabdian juga memberikan modul pelatihan excel untuk pengelolan informasi keuangan, 1 unit LCD Proyektor dan Screen Proyektor 70 inc.

Penulis : Gun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *