by

Tim Pengabdian POLNUSTAR Berikan Pelatihan Penggunaan Bahan Herbal Dalam Pakan Ikan di Desa Tola

SANGIHE, SASTALPos.Com – Tim Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) Polnustar, Jurusan Perikanan dan Kebaharian – Program Studi Teknologi Budidaya Ikan (TBI) dan Jurusan Teknik Komputer dan Komunikasi (TKK) – Program Studi Sistem Informas di ketuai Darna Susantie S.Pi, M.S beranggotakan Ella H. Israel SE.Ak, M.Kom bersama tiga mahasiswa melakukan pelatihan penggunaan bahan herbal yang ramah lingkungan dalam pakan serta kiat-kiat dalam memasarkan hasil budidaya ikan air tawar lewat media sosial sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarga.Di Desa Tola Kecamatan Tabukan Utara pada hari Senin tanggal 30 Agustus 2021.

Pembukaan PKMS oleh Kapitalaung Kampung Tola Yahya Dandel (Senin, 30 Agustus 2021)

 

“Penggunaan Bahan Herbal Yang Ramah Lingkungan Dalam Pakan Ikan Untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga” kata Darna.

Kegiatan PKMS ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pelatihan kepada pemilik kolam ikan Desa Tola tentang Penggunaan Bahan Herbal Yang Ramah Lingkungan Dalam Pakan Ikan Serta Kiat-Kiat Dalam Memasarkan Hasil Budidaya Ikan Dengan Menggunakan Media Sosial.

Simbolis pemberian bantuan ke salah satu peserta oleh Ella Israel, SE,A.k. M.Kom

” Selain itu memberikan sosialisasi dan informasi tentang kriteria benih dan induk, cara memilih benih dan induk ikan unggul, cara membedakan ikan jantan dan betina, pencegahan dan mengatasi hama penyakit ikan, kualitas air dan penggunaan teknologi media sosial untuk menjual atau memasarkan hasil budidaya pemilik kolam di desa Tola,” Ungkap Ketua Tim Darna Susantie.

Foto bersama Tim Pengabdian Polnustar dengan Peserta

Menurut Darna terpilihnya Desa Tola untuk menjadi tempat kegiatan PKMS dikarenakan kampung tersebut mempunyai potensi dalam budidaya ikan air tawar dimana sumber air tawarnya begitu melimpah serta jernih yang berasal dari sungai.

” Dari hasil kegiatan PKMS diharapkan pemilik kolam Desa Tola mampu mengembangkan usaha budidaya ikan air tawar dengan memakai bahan-bahan herbal yang tersedia disekitar pekarangan rumah sehingga ikan yang dibudidaya dapat bertumbuh dengan cepat dan terhindar dari penyakit serta memiliki keunggulan tersendiri dan dapat bersaing dengan beberapa desa lainnya yang memiliki usaha budidaya ikan air tawar, serta dapat meningkatkan perekonomian keluarga,” paparnya.

Sementara itu, adanya kegiatan tersebut, pemilik kolam Desa Tola sangat antusias menyambut Tim Polnustar, serta berharap kiranya tahun depan dapat kembali melakukan kegiatan tersebut di kampung mereka dengan ilmu dan pengetahuan yang terbaru dalam budidaya ikan dan teknologi media sosial.

” Kami tim juga mengucapkan terima kasih buat pemilik kolam, aparat kampung dan Kapitalaung Desa Tola Bapak Yahya Dandel atas sambutannya yang begitu baik sehingga kegiatan PKMS terlaksana sesuai yang diharapkan, ” Tutup Darna.

Diketahui, Kegiatan ini merupakan salah satu Program Pengabdian pada Masyarakat yang lolos seleksi Pengabdian Internal Dosen dengan menggunakan Dana PNBP Polnustar 2021 dan mendapat dukungan penuh dari Direktur Politeknik Negeri Nusa Utara Prof. Dr. Ir. Frans G. Ijong, M.Sc.(ADV)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.