Kemenag Sangihe Utus Takalamingan Ikut Pelatihan Teknis Spesialis Analisis Jabatan dan ABK

MANADO, SASTALPos.com – Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Teknis Administrasi Kemenag RI bekerjasama dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara menyelenggarakan kegiatan pelatihan teknis Analisis Jabatan (ANJAB) Analisis Beban Kerja (ABK) selama lima hari di Manado. Senin, (25/10/2021).

Kakanwil Kemenag Sulut H. Anwar Abubakar dalam arahannya saat membuka secara resmi kegiatan pelatihan, mengajak para peserta untuk dapat mengikutinya dengan baik.

“Ini kegiatan sangat strategis dan amat diperlukan kami disini, karena keterbatasan sumber daya dan memang kami membutuhkan spesialisasi yang betul-betul menguasai analisis jabatan dan analisis beban kerja,” kata Anwar.

Orang nomor satu di Jajaran Kanwil Kemenag Sulut ini meminta agar setelah selesai pelatihan nanti, dibentuk tim atau kelompok untuk memastikan bahwa Anjab dan ABK telah dibuat di seluruh Kabupaten/Kota.

“Kita memang berpacu dengan waktu, karena banyak hal yang harus kita selesaikan dan tugas saya memang bagaimana membenahi administrasi,” sebut Kakanwil.

Baca juga:  Cuaca Extrem, Polres dan BPBD Sangihe Terus Himbau Warga Waspada Bencana

Saat ini, kami sedang berusaha bagaimana mengubah cara berfikir para PNS kita dengan menggiring opini bahwa jabatan itu diamanahi sesuai dengan ketrampilan, latar belakang pendidikan dan jenjangnya.

“Jadi, calon pejabat itu harus sesuai dengan ketrampilan atau keahliannya, kesesuaian pendidikannya dan juga mengikuti jenjangnya. Bukan atas dasar kedekatan bersama pimpinan,” tegas Abubakar.

“Nanti, setelah selesai pelaksanaan renovasi kantor, mungkin diakhir tahun 2021 dan awal tahun 2022 akan segera kita benahi semuanya,” terang suami Hj. Rismayanti itu.

Sebelumnya Ketua Panitia Pelatihan H. A. Nidjam dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan para pengelola kepegawaian dilingkungan Kanwil Kemenag Sulut sesuai dengan kompetensinya.

“Pelatihan ini diikuti 30 peserta yang terdiri dari utusan Kanwil dan perwakilan Kemenag Kabupaten/Kota dan akan berlangsung selama lima hari kedepan, terhitung mulai tanggal 25-29 Oktober 2021 bertempat di MAN Model plus Keterampilan Manado,” urai Nidjam.

Baca juga:  Sasingen Buka Diklat PIM III Bagi 30 Pejabat Eselon III

Sementara itu, utusan Kemenag Sangihe Andre J. Takalamingan,SH melalui Via Seluler mengatakan dirinya sangat bersyukur dapat mengikuti kegiatan tersebut, sehingga memberikan tambahan pengetahuan dan keterampilan dirinya dalam betul menguasai analisis jabatan dan analisis beban kerja dilingkungan Kemenag Sangihe.

“ tentu sebagai bawahan saya berterima kasih terhadap pimpinan Kemenag Sangihe bapak Drs. Tavip Pakaya, yang sudah mengutus saya mengikuti kegiatan tersebut,” Papar Takalamingan seraya berharap dirinya mampu mengimplementasikan ilmu dan ketrampilan yang sudah diterima.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kabag TU H Aswin Kiay Demak, Kasubbag Umum dan Humas Hartono Bawenti, Ketua Panitia H. Achmad Nidjam, Widyaiswara Yulianti, serta Tim Pusdiklat, Andin Sudirman, Ahmad Hendy Trastiyo dan Maman Badru Tamam. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *