Peran Aktif Babinsa di Wilayah Binaan, Ini Yang Dilakukan TNI

SANGIHE, SASTALPos.com –  Peran aktif dalam kehidupan bermasyarakat dalam meningkatkan kemanunggalan TNI dan Rakyat, aparat Babinsa sering terlibat di berbagai kegiatan di wilayah, termasuk dalam membantu kesulitan masyarakat, seperti dilakukan oleh Serda Sukritmon Darotong anggota Babinsa Koramil 1301-03/Tamako yang membantu mengangkat kayu bakar persiapan ibadah syukuran di rumah Yunius Kaudis, warga Kampung Kalama Pulau Kecamatan Tatoareng, Senin (18/04/2022).

 

Kedekatan dengan masyarakat dan tak pernah ragu membantu kesulitannya, hal tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian aparat teritorial kepada masyarakat binaannya. Melalui peran positifnya di tengah-tengah masyarakat diharapkan dapat menciptakan keharmonisan dan meningkatkan kerjasama di wilayah.

 

“Sebagai anggota TNI kita sudah dididik untuk selalu peduli terhadap sesama, terutama sebagai Babinsa yang banyak menghabiskan waktu bersama-sama masyarakat, kita harus selalu siap dan sigap membantu kesulitan warga karena itu merupakan tugas dan tanggung jawab kita sebagai Babinsa,” ungkap Babinsa.

 

“Kebetulan tadi sewaktu melaksanakan patroli wilayah, saya bertemu dengan bapak Yunius Kaudis bersama warga yang tengah melaksanakan kerja bakti pengangkatan kayu bakar untuk ibadah syukur di rumahnya, secara sepontan saya langsung ikut membantu,” Kata Darotong.

 

“Selain sebagai wujud kepedulian terhadap sesama, kegiatan ini juga kami lakukan dalam rangka untuk meningkatkan keakraban dan jalinan silaturahmi, agar keberadaan kita sebagai Babinsa dapat diterima dan berdampak positif bagi masyarakat,” tambahnya.

 

Sementara, Yunius Kaudis merasa terbantu dan mengucapakan terimakasih atas kehadiran Babinsa yang ikut membantu mengeluarkan kayu bakar dari hutan, “Saya sangat terharu dan bangga mempunyai Babinsa seperti beliau, meski dengan seragam lengkap bapak Babinsa tidak ragu mengangkat kayu bakar ini, terimakasih bapak Babinsa yang telah meluangkan waktu dan tenaganya membantu kami,” pungkasnya. (Gun)