by

Penjabat Bupati Sangihe, Rinny Tamuntuan Ikut Deklarasi JPM dan Menandatangani Nota Kesepakatan

SASTALPOS.COM – Ideologi Pancasila perlu terus di pupuk serta ditumbuh kembangkan dalam era moderensiasi saat ini, belum lagi kian hari paham radikalisme selalu mengerogoti anak bangsa, dengan munculnya berbagai peristiwa dan kelompok yang tidak lagi mengakui Pancasila.

 

Menyadari hal tersebut, Pemerintah Indonesia melalui Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila  (BPIP) RI. Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA., PhD, dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE, mengundang Bupati/Wali Kota se- Sulut untuk hadir dalam Deklarasi Jejaring Panca Mandala (JPM) Membangun Sinergitas Pembumian Pancasila di Provinsi Sulawesi Utara. Kamis,14 juli 2022.

 

Kegiatan yang dipusatkan di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut ini, selain Deklarasi juga dilakukan  Penandatanganan Nota Kesepakatan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan 15 Pemerintah Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara tentang Pembinaan Ideologi Pancasila.

 

Dalam arahannya Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE mengatakan dengan dengan hadirnya Jejaring Panca Mandala di Sulawesi Utara yang terdiri dari unsur Pemerintah, pendidikan, media, ormas dan pengusaha menjadi hal layak dan harus didukung penuh.

 

“ kita sebagai masyarakat juga pemangku kebijakan harus mampu mewujudkan tujuan JPM  sebagai komitmen bersama untuk menjaga pancasila sebagai idiologi negara juga meningkatkan peran masyarakat terhadap upaya-upaya pembinaan ideologi Pancasila,” Kata Gubernur.

 

Pada kesempatan itu juga, Gubernur mengajak masyarakat dapat berkolaborasi dengan memegang teguh komitmen terhadap upaya-upaya dalam  mempertahankan kedaulatan bangsa dengan melalui pemahaman dan pengamalan pancasila di tengah kehidupan masyarakat  indonesia khususnya Masyarakat Sulawesi Utara.

 

“ Pancasila adalah Ideologi Bangsa, sehingga patutlah kita terus menjaga kedaulatan Bangsa ini dengan berpedoman pada Pancasila,” tegas Dondokambey.

 

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila  (BPIP) RI Bapak Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA., PhD pada sambutannya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Provinsi Sulawesi Utara karena merupakan Provinsi pertama di Sulawesi yang membangun Jejaring Panca Mandala sekaligus di 15 Kabupaten Kota di dalamnya.

 

“ Sulut merupakan Provinsi pertama di Indonesia yang membagun JPM, dan ini akan menjadi Barometer bagi Provinsi lainnya di tanah air,” Singkat Wahyudi.

 

Sementara itu, Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe dr. Rinny Tamuntuan yang hadir bersama 14 Kepala daerah lainnya mengatakan dengan dideklarasikan JPM di Sulawesi Utara Sebagai Pemerintah daerah siap mendukung segala program dan kegiatan dari Jejaring Panca Mandala di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

 

“ Kegiatan ini sangat positif dan perlu dukungan dari semua unsur yang ada di Kepulauan Sangihe, baik pemerintah masyarakat, Media, LSM, Pengusaha sehingga JPM ini di Sangihe bisa berjalan sesuai dengan harapan. Terlebih Ideologi Pancasila dapat dipraktekan dalam kehidupan setiap hari,” Sebut Tamuntuan.***/Gun

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.