Kerjasama SITH ITB dan POLNUSTAR, Dr. Balansa Memberikan Kuliah Umum Tentang Biodiversitas Nusa Utara

SASTALPOS.COM – Dunia pendidikan terus berkembang dengan berbagai bentuk penelitian yang dilakukan oleh kaum Akademisi di tanah air. Buktinya SITH ITB yang sudah sejak beberapa tahun terakhir ini melakukan kerjasama dengan Politeknik Nusa Utara (POLNUSTAR) Khususnya jurusan Perikanan dan Kebaharian.

 

Kerjasama ini, khususnya meneliti tentang jenis Sponge yang ada diseputaran laut Nusa Utara, Juga biota lainnya yang ada di wilayah kepulauan ini. Sehingga bisa menjadi referensi bagi dunia pendidikan dalam pengembangan dan penelitian.

 

Hasil dari kerjasama dalam penelitian jenis Sponge inilah sehingga dosen POLNUSTAR Dr.Balansa diundang oleh pihak Kampus SITH Institut Teknologi Bandung untuk memberikan kuliah umum bagi mahasiswa ITB ini. Senin, 29 Agustus 2022 di Aula SITH ITB.

Kuliah Umum Dr.Balansa ini berjudul  Biodiversitas Nusa Utara mendapat respon positif pihak kampus yang diwakili Dr. Indra Wibowo Dekan Akademik SITH ITB dan Dr. Anggraini Barlian.

 

“ Kuliah umum ini merupakan bentuk wujud kerjasama yang telah dilakukan antara SITH ITB dan POLNUSTAR yang sudah terjalin selama ini,” Kata Balansa.

 

Dikatakannya, kekayaan laut Nusa Utara tidak terbatas, terbukti bahwa ada sekitar ratusan jenis Sponge yang telah diperoleh dan biota lainya yang belum terjamah selama ini.

 

“ perlu adanya upaya- upaya secara konkrit untuk mengembangkan kekayaan laut  Nusa Utara yang luar biasa ini,” Ucap Balansa.

Pada kesempatan ini, Dr. Indra Wibowo berharap bahwa bukan hanya dosen POLNUSTAR yang memberikan kuliah umum tetapi juga sekiranya ada dosen yang dapat melanjutkan pendidikan S3 di Kampus SITH ITB.

 

“ Semoga Dosen POLNSTAR tidak hanya memberikan kuliah umum, tetapi bisa melajutkan studi ke- jenjang S3 di kampus kami,” harap Wibowo.***/ADV