POLNUSTAR Berikan Edukasi Penerapan Sanitasi dan Higiene Pada Karyawan Unit Pengolahan Ikan di PT Perindo dan PT. Jasindo Sentosa Mandiri Dagho

SASTALPOS.COM – Kampus Politeknik Negeri Nusa Utara (POLNUSTAR) terus memberikan kontribusi positif bagi pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe khususnya dibidang Perikanan. Pasalnya sejumlah Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) terus dilakukan oleh Dosen dimasing – masing Program Studi.

 

Kali ini, Program Studi Pengolahan dan Penyimpanan Hasil Perikanan (P2HP) Jurusan Perikanan dan Kebaharian melakukan Edukasi Penerapan Sanitasi dan Higiene Pada Unit Pengolahan   Ikan di PT. Perindo Dagho dan PT. Jasindo Sentosa Mandiri Dagho. Kamis, 25 Agustus 2022.

 

Tim PKMS yang diketuai oleh Stevy Imelda M Wodi, S.Pi, M.Si dan beranggotakan Eko Cahyono, S.Pi, M.Si memberikan Edukasi Penerapan Sanitasi dan Higiene Pada Unit Pengolahan   Ikan kepada 15 Karyawan dari dua perusahaan pengolahan Ikan yang berlokasi di kampung Dagho Kecamatan Tamako ini.

Baca juga:  Kabupaten Sitaro, Mendapat 82 Unit Rumkhus

Menurut Imelda Wodi, teknik sanitasi dan hygiene adalah segala kegiatan yang berkaitan dengan upaya pemeliharaan kebersihan dan kesehatan dalam lingkungan dan proses produksi, peralatan maupun pekerja untuk mencegah pencemaran pada produk hasil perikanan.

 

“ Penerapan sanitasi dan hygiene dalam unit pengolahan perikanan merupakan suatu hal yang mutlak karena berhubungan dengan keamanan pangan  (Food safety),” Kata Wodi

 

Dijelaskannya pula, Persyaratan sanitasi dan hygiene adalah standar yang harus dipenuhi agar produk yang dihasilkan tidak membahayakan kesehatan. Praktek sanitasi dan hygiene yang kurang baik dapat menimbulkan hal yang merugikan konsumen.

“ Maka perlu pengetahuan pekerja/karyawan tentang pentingnya sanitasi dan hygiene dalam proses produksi, untuk mendapatkan produk yang berkualitas sangatlah penting,” Ucapnya.

Baca juga:  Begini Penjelasan Ahli Pidana Independen Terhadap Irjen Pol Ronny Sompie Pendiri Wassidik Bareskrim Polri

 

Sambungnya, “ Oleh karena itu perlu adanya edukasi dan pembinaan yang intensif baik dari segi pengetahuan dan pengendalian proses melalui penerapan prinsip sanitasi dan hygiene yang baik untuk mendapatkan prosuk perikanan yang aman untuk dikonsumsi,” Jelasnya.

 

Ditambahkannya, Kehadiran PKMS POLNUSTAR ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman karyawan akan pentingnya sanitasi dan hygiene pada unit pengolahan ikan di PT.Perindo Dagho dan PT. Jasindo Mandiri Dagho.

 

“ semoga, melalui penyuluhan dan demonstrasi cara penerapan sanitasi dan hygiene yang baik khususnya bagi karyawan selama proses produksi berlangsung, akan memberikan manfaat yang baik dan menghasilkan produk yang aman dikomsumsi oleh masyarakat,” Tutupnya.***/ADV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *