SMPN 1 Mangsel Mendapat Bimbingan Cara Memanfaatkan Aplikasi Ujian Online dari Dosen POLNUSTAR

SANGIHE, SASTALPOS.COM – SMP Negeri 1 Manganitu Selatan ( Mangsel) mendapat bimbinga cara memanfaatkan Aplikasi Ujian Online dari Dosen Politeknik Negeri Nusa Utara (POLNUSTAR). Senin, 17 Oktober 2022, Melalui Tim PKMS yang diketuai Desmin Tuwohingide, ST.,M.Kom.

 

Setelah dilakukannya kegiatan pengenalan aplikasi ujian online serta manfaatnya. Tim PKMS yang beranggotakan Noldy Sinsu, S.Pd.,M.Kom dan Christian Koloay, ST, kembali Rabu, 19 Oktober 2022, melakukan simulasi ujian online kepada guru – guru yang ada di sekolah.

“ Selain pengenal kami juga mendampingi guru-guru yang mengikuti simulasi dengan membuat akun pada aplikasi quizizz, mengupload soal sesuai dengan mata pelajaran yang diampuh dan mengikuti simulasi ujian dengan memperhatikan tampilan untuk pengguna (Guru) dan tampilan untuk pengguna (Siswa),” Kata Tuwohingide.

 

Menurut Tuwohingide, kehadiran Tim PKMS dikarenakan penerapan sistem pembelajaran secara daring, SMPN 1 Manganitu Selatan mengalami beberapa kendala yaitu pelaksanaan Ujian yang dilakukan secara luring karena keterbatasan literasi pendidik dalam memanfaatkan media pembelajaran kolaboratif secara online. Selain itu, pendidik juga memerlukan waktu yang lama dalam pengolahan nilai karena sistem pengolahan nilai yang masih dilakukan secara manual.

 

“ berdasarkan permasalahan yang dihadapi oleh mitra, maka adapun solusi yang tawarkan yaitu dengan memperkenalkan dan mengimplementasikan ujian online dengan memanfaatkan aplikasi ujian online dan memanfaatkan fitur pengolahan nilai otomatis, agar pelaksanaan ujian dan pengolahan data siswa di SMPN 1 Manganitu Selatan dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien,”   Ungkap ketua  tim  yang diiakan juga  oleh anggota tim .

Sehingga, pelaksanaan kegiatan ini disambut baik dan antusias oleh kepala sekolah dan guru-guru di SMPN 1 Manganitu Selatan, dimana kehadiran Tim PKMS POLNUSTAR ini memberikan pengetahuan secara gratis dan sangat menguntungkan pihak guru siswa yang ada di SMP Negeri 1 Mangsel.

 

Kepala sekolah SMPN 1 Manganitu Selatan Felix Hengkendai, S.Pd dalam sambutanya, berterima kasih kepada TIM PKMS Polnustar karena melalui kegiatan ini, pihak mitra bisa mendapatkan literasi dan pengetahuan tentang implementasi ujian online menggunakan aplikasi ujian online.

 

“ sebagai pihak sekolah saya akan mengemplementasikan ujian online secara bertahap agar SMPN 1 Manganitu Selatan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pelaksanaan ujian online sehingga tercipta pelaksanaan ujian yang efektif dan efisien, transparansi nilai bahkan pengolahan nilai otamatis,” Ucap Hengkendai yang berharap kedepan Tim PKMS POLNUSTAR  bisa berbagi ilmu kembali dengan SMP N 1 Mangsel.(ADV)