Dosen POLNUSTAR Ajari Perangkat Kampung Karatung II Tentang Penerapan Teknologi Google Cloud Guna Mengoptimalisasi Kinerja

SANGIHE, SASTALPOS.COM – Perangkat Kampung Karatung II Kecamatan Manganitu mendapat ilmu gratis tentang penerapan teknologi google cloud guna mengoptimalisasi kinerja oleh Dosen Politeknik Negeri Nusa Utara (POLNUSTAR) melalui Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS). Jumat, 25 November 2022.

 

PKMS melalui pengabdian kepada masyarakat ini diketuai oleh Stendy B. Sakur, S.ST., M.Kom beranggotakan Miske Silangen, S.Kom., M.Cs, dilaksanakan di kantor Kampung Karatung II yang dihadiri oleh semua perangkat kampung, sekretaris serta Kapitalaung (Kepala Desa).

 

Menurut Sakur sebagai Ketua tim Pengabdian dimana tujuan dilakukannya kegiatan ini, untuk  melakukan transfer Knowledge kepada perangkat Kampung Karatung II dalam memanfaatkan teknologi google drive sebagai media penyimpanan data secara online.

 

“ dengan dilakukanya pelatihan ini sehingga para perangkat kampung bisa memanfaatkan teknologi google drive, untuk memudahkan pekerjaan dari perangkat kampung yang ada,” Kata Sakur.

 

Dikesempatan itu, Stenly juga menjelaskan ada dua meteri yang dibawahkan yakni pembuatan e-mail (gmail.com), penggunaan google drive sekaligus dilakukan pelatihan pembuatan email.

“ kami juga mengajarkan membuat google drive yang diwakili oleh sektretaris desa dan beberapa aparat lainnya, untuk latihan membuat folder upload file pdf dan lainnya. Serta penjelasan tentang bagaimana cara melakukan registerasi email baru pada gmail.com,” Paparnya ketika diwawancarai.

 

Diakhir kegiatan ini, para peserta sudah dapat memahami dasar pengaturan pada google drive bahkan langsung membuat google drive untuk kebutuhan Kampung.

 

Sementara itu, Kapitalaung Kampung Karatung II Dohana Durce Mamuko menyampaikan terima kasih serta apresiasi kepada tim pengabdian POLNUSTAR yang sudah hadir untuk memberikan ilmu secara gratis, bahkan memberikan bantuan berupa alat untuk dapat digunakan untuk menunjang kinerja para aparat kampung.

 

“ Kami sangat bangga sebab, tanpa kami masukan proposal atau permohonan kepada pihak Kampus POLNUSTAR terkait kegiatan seperti ini. Tim sudah hadir dan memberikan ilmu pengetahuan secara gratis. Atas nama masyarakat kampung Karatung II menyampaikan terima kasih kepada para Dosen yang hadir saat ini,” kata Mamuko seraya berharap kedepan mendapat kunjungan serupa dengan pengetahuan yang lain.(ADV)