Ella Israel Bersama Tim Bantu Kampung Tambung Melalui Penerapan Elektronik Government sebagai Media Promosi Pariwisata Berbasis Online

SANGIHE, SASTALPOS.COM  –  Kepedulian Kampus Politeknik Negeri Nusa Utara (POLNUSTAR) diberbagai sektor patut diapresiasi, pasalnya melalui bidang ilmu yang ada di kampus Negeri ini terus memberikan sumbangsi positif bagi warga Sangihe. Hal ini dibuktikan melalui Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) sejumlah Dosen berlomba – lomba untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat baik di bidang ilmu Kesehatan, Perikanan dan kelautan serta sistem informasi.

 

Kali ini, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat yang diketuai Ella H. Israel, SE.Ak.,M.Kom beranggotakan Alfrianus Papuas, SE.,M.Kom, dan Steve A.Sehang, S.Pd.,M.Cs memberikan ilmu pengetahuan tentang Penerapan Elektronik Government sebagai Media Promosi Pariwisata Berbasis Online di Kampung Tambung Kecamatan Tabukan Selatan Tengah Kabupaten kepulauan Sangihe. Jumat 25 November 2022.

Terpilihnya Kampung Tambung ini dikarenakan memiliki spot wisata pantai yang sangat berpotensi untuk terus dikembangkan  sehingga keberadaan jaringan sebagai penyedia layanan informasi masih bermasalah, juga belum adanya media promosi website menyangkut potensi wisata yang ada, sehingga belum mendukung  pengembangan pariwisata.

Baca juga:  Ketua DPRD Sangihe Hadiri Upacara HUT TNI Ke- 76

“ Tujuan dan manfaat kegiatan saat ini, yakni dengan adanya penerapan elektronik government sebagai media promosi pariwisata berbasis online dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh Kampung Tambung yang memiliki tempat wisata pantai yang sangat bagus,” Kata Israel.

 

Kesempatan itu pula tim memeparkan manfaat Internet yang merupakan sebuah inovasi untuk mengolah informasi dan mendistribusikannya secara cepat, dapat membantu aparat kampung dengan dasar Undang-Undang (UU) Nomor 6 tahun 2014 yaitu Undang-Undang tentang desa yang menyebutkan bahwa salah satu tujuan dari pengaturan tentang desa adalah untuk meningkatkan pelayanan public  bagi masyarakat desa (Pasal 4:1),

“ tentu, dengan adanya internet dan website sebagai media dalam membantu promosi tempat wisata di kampong sehingga dapat menjadikan desa sebagai sebuah destinasi pariwisata dengan cara memadukan daya Tarik wisata alam dan budaya dan layanan fasilitas umum pariwisata, serta aksesibilitas yang memadai dengan tata cara dan tradisi kehidupan masyarakat kampung Tambung, nantinya dapat menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” tandasnya.

Baca juga:  Penanganan Covid-19, TNI AL Tahuna Gelar Sosialisasi Serbuan Vaksinasi

 

Sementara itu Kapitalaung (kepala Desa) Tambung, Jeandri Refly Alla, Amd.Kom menuturkan pelaksanaan pengabdian kepada masyarkat melalui tim pengabdi POLNUSTAR, sangatlah membantu dalam mengatasi permasalahan yang ada, bahkan dengan bantuan peralatan penguat signal internet dapat membantu pemeritah kampung dan masyarakat dalam mengakses internet,

“ kami menyambut baik maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan ini, sekaligus menyampaikan terima kasih karena sudah memilih kampung Tambung sebagai tempat dan objek pengabdian POLNUSTAR, Sesuai dengan tema pengabdian yang ada, memang benar salah satu permasalahan yang ada yaitu masalah jaringan internet belum jangkau secara merata, yaitu hanya ada di lokasi-lokasi tertentu sehingga ini menjadi salah satu masalah maupun kendala dalam berbagai aktifitas,” ungkap Refly Alla.

 

Ditambahkannya pula, seperti informasi dan laporan pemerintah kampung yang tidak bisa dikirim melalui jaringan internet bahkan dalam hal promosi potensi pariwisata pun belum maksimal.

 

“ kiranya kampung Tambung boleh terus menjadi mitra tim pengabdi POLNUSTAR dalam kegiatan kedepan,” Tutupnya. (ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *