BPKPD Juara 1 Lomba Kebersihan dan Keindahan Lingkungan Tempat Kerja. Budiman : Kebersihan dan KeIndahan adalah Kebutuhan

SANGIHE, SASTALPOS.COM – Lomba kebersihan dan keindahan lingkungan kerja dilingkup pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe dalam rangka HUT Daerah ke – 598 tahun, akhirnya Juarai oleh Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah.

 

Pengumuman Juara Lomba kebersihan dan keindahan lingkungan kerja tersebut, diumumkan serta langsung dilakukan penyerahaan Piagam penghargaan oleh Penjabat Bupati Sangihe Rinny Tamuntuan pada apel perdana ASN dan THL dilingkup Pemda Sangihe. Senin, (06/2/2023).

 

Lomba kebersihan dan keindahan lingkungan kerja di ikuti oleh semua SKPD, Kecamatan dan kelurahan. Menurut panitia lomba Ronald Izaak mengatakan menjadi syarat penilaian secara totality kebersihan kantor dan Keindahan.

 

“ Jadi Penilaian Kebersihan mulai dari halaman kantor, bagian depan kantor, ruangan kerja, ruang tamu, toilet dan juga dalam rangka ketahanan pangan , maka juga penilaian apotik hidup dan dapur hidup,” Kata Izaak

 

Ditambahkannya, soal kriteria penilian halaman kantor , apakah tersedia tempat sampah kering dan basah, kalau bagian depan kantor, apakah disitu ada areal merokok atau tidak dan itu dipasang lebel dan dibuktikan apakah disediakan asbak atau tempat sampah untuk puntung rokok.

“ Kemudian kebersihan didalam ruang kantor baik meja kerja, lantai, dinding apakah semua ini sudah bersih untuk toilet apakah dibagi untuk pria dan wanita bahkan kebersihannya serta tempat sampah sampai drainase pembuangan air dari toilet itu sendiri,” Ungkap Panitia Bidang kebersihan dan keindahan tersebut.

Baca juga:  Tanpa Sebab, Elias Tebas Dua Warga Miulu

 

Lanjutnya, soal tanaman harus memenuhi standar 20 jenis tanaman bukan banyaknya tanaman yang ada di kantor, namun skor penilaian tanaman sesuai jenisnya. Selain itu, soal keindahan kantor mulai dari penataan ruang kerja, meja serta kenyamanan untuk bekerja.

 

“ Maka dari sekian kantor yang dinilai, yang mendapat nilai tertinggi adalah Badan pengelolaan Keuangan  dan pendapatan daerah dengan total skor 118 menjadi juara 1 sedangakan juara 2 dengan skor 117 kelurahan Beha Baru dan juara 3 ada dua dengan skor 114 yakni  Dinas Kesehatan dan Dinas Kominfo,” papar Kadis Perikanan dan kelautan Sangihe tersebut.

 

Penjabat Bupati Kabupaten Sangihe Rinny Tamuntuan ketika menyerahkan piagam penghargaan ini, menyampaikan kegiatan tersebut sangat penting untuk semua ASN maupun masyarakat, karena kebersihan dan keindahan kantor akan memberikan kenyamanan dalam bekerja.

 

“ tentu, dengan Kantor dan ruang kerja yang bersih dan indah serta rasa nyaman akan memberikan dampak positif serta memberikan semangat dalam bekerja,” Ucap Tamuntuan.

 

Tidak lupa, Tamuntuan juga berterima kasih kepada Kepala OPD dan Jajaran yang sudah berpartisipasi dalam menjaga lingkungan kerja yang bersih dan indah. Sehingga kedepan kegiatan positif seperti ini terus dilaksanakan.

 

”Ke depan jangan hanya sertifikat kiranya dapat diberikan rewards berupa uang tunai walau hanya untuk makan bersama ASN dan THL yang sudah memberikan hasil maksimal,” Ujarnya, seraya berharap bagi OPD yang belum maksimal di tahun ini kiranya di tahun depan akan meraih prestasi.

Baca juga:  Biografi Lengkap Helmud Hontong Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe

 

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan pendapatan Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe Janje Budiman, SH, MM menjelaskan sebenarnya secara pribadi soal kebersihan dan keindahan ini adalah kebutuhan, sehingga ketika dilaksanakan lomba tersebut kami lebih terdorong secara bersama dan langsung berbenah.

 

“ Jadi, Kebersihan dan keindahan adalah kebutuhan, karena perlu diketahui sebagai sorang ASN, waktu kita lebih banyak berada di kantor  dari pada di rumah. Bagaimana kita bisa beta di kantor kalau kantor kita tidak bersih dan indah ?. makanya jadikan kantor kita senyaman mungkin untuk bekerja,” Tandas Budiman.

 

Budiman juga menyebutkan kebersihan dan keindahan yang ada saat ini menjadi stardar di Badan keuangan,dan tidak boleh turun dari stadar yang sudah ada saat ini. Karena ketika masyarakat maupun pegawai yang akan datang di badan keuangan akan merasa nyaman.

 

“ Ini sudah menjadi stadar di Kantor kami saat ini, dan saya tegaskan kepada teman – teman pegawai untuk terus mempertahankan kebersihan dan keindahan lingkungan kerja seperti ini,” tutup Kaban yang selalu tampil rapi tersebut. ( * )

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *