Pj Bupati Sangihe, Buka KKL Mahasiswa Politeknik Negeri Nusa Utara di Tabukan Tengah

SANGIHE, SASTALPOS.COM – Penjabat Bupati kabupaten Kepulauan Sangihe dr.Rinny Tamuntuan menghadiri sekaligus membuka kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) mahasiswa Politeknik Negeri Nusa Utara (POLNUSTAR) di kampung Kuma 1 kecamatan Tabukan Tengah (Tabteng). Kamis, (02/02/2023).

KKL Mahasiswa Polnustar ini berlangsung selama 13 hari di 7 kampung yang ada di Kecamatan Tabteng yakni Kampung Gunung, Kuma, Kuma I, Bungalawang, Pelelangeng, Talangin dan Bira. sejak 02 – 14 Februari 2023 yang diikuti oleh 52 Mahasiswa dari dua Program studi yaitu Program Studi keperawatan 48 mahasiswa dan 4 mahasiswa Prodi Teknologi penangkapan Ikan.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Sangihe Rinny Tamuntuan menyampaikan agar para mahasiswa dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat di kampus secara teori dan dapat di praktekan melalui KKL di masyarakat kecamatan Tabteng.

“ walaupun waktunya singkat hanya 13 hari, tetapi para adik – adik mahasiswa untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk bisa mempraktekan ilmu dengan baik dan dengan penuh tanggung jawab,” Kata Tamuntuan.

Kesempatan ini pula, Tamuntuan berpesan agara mahasiswa nantinya mampu bersaing di dunia kerja setelah selesai studi. Bahkan perlu menciptakan lapangan kerja sendiri melalui ilmu yang didapat selama kuliah.

“ Jangan terfokus untuk menjadi PNS setelah selesai menjalani pendidikan. Karena saat ini sudah seharusnya kita menciptakan lapangan kerja sendiri, mahasiswa harus mandiri,” Tandasnya.

Ia mengungkapkan bahwa saat pandemi, kurang lebih dua tahun, banyak usaha kecil yang digeluti baik dari mahasiswa ataupun anak-anak SMA/SMK yang memanfaatkan media sosial sebagai wadah promosi.

“Banyak lapangan kerja yang dihasilkan juga bukan dari mahasiswa ada juga masih anak-anak SMA/SMK mereka sudah bisa menciptakan lapangan kerja sendiri, apalagi adik – adik mahasiswa yang memiliki pengetahuan yang lebih tinggi,” ungkapnya,

Sementara itu, Direktur Polnustar Fedinand Gansalangi. SKM, MM, M.kes dalam sambutannya berpesan kepada seluruh mahasiswa yang melakukan KKL untuk dapat meninggalkan kesan yang baik dimasyarakat, apalagi waktunya singkat.

” Saya berpesan bagi adik – adik mahasiswa untuk menjaga nama baik institusi. Karena kalian hadir disini membawa nama Polnustar. Semua yang terjadi selama KKL adalah tanggungjawab Institusi,” Tegas Gansalangi.

Dirinya juga berharap kepada pemerintah kecamatan dan kampung yang menerima mahasiswa untuk dapat menjaga dan mengawasi mahasiswa.

” Saya berharap pemerintah setempat dan pihak Polsek menjaga keamanan tempat penampungan mahasiswa, juga untuk tidak segan menegur apabila adik – adik mahasiswa ini kalau nakal,” Ucapnya. Seraya menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Pj. Bupati Sangihe yang sudah hadir dan membuka kegiatan KKL.

” Atas nama keluarga besar Polnustar tentu menyampaikan terima kasih kepada ibu penjabat bupati yang sudah hadir dan membuka kegiatan KKL ini, ” Tutupnya. (*)