Sambangi Beberapa Kementerian Pusat Begini Giring Usulan Penjabat Bupati Sangihe

JAKARTA, SASTALPOST.COM- Penjabat Bupati Sangihe Dr Rinny Tamuntuan bersama dengan Ketua DPRD Sulawesi Utara dr Andi Fransiscus Silangen SpB. KBD dan Anggota Dewan, Arthur Kotabunan, Sambangi Kementerian Sosial RI. Selasa (22-02/2023)

Kunjungan tersebut dalam rangka pertemuan sekaligus konsultasi serta koordinasi terkait Usulan Pahlawan Nasional Dari Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe bertempat di direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial RI.

Bertempat di direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial RI, Penjabat Bupati di sambut hangat oleh Dewi Sartini Direktur Pemberdayaan Kelompok Rentan Kementerian Sosial.

Lebih Lanjut , Kunjungan tersebut Penjabat Bupati Sangihe mengkonsultasikan terkait Lumbung Pangan ,Rehabilitasi Sosial dan Penerima PKH yang di butuhkan oleh Kecamatan yang terluar dan juga usulan Pahlawan Nasional yang pada saat ini masih belum di tetapkannya Bataha Santiago sebagai Pahlawan Nasional.

Kepada Media Sastalpost com, dr Andi Fransiscus Silangen S,PB KBD turut angkat Suara terkait Kunjungan dan Usulan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe.

” Sudah Ketiga kalinya di usulkan oleh Pemerintah daerah Sangihe , juga oleh Gubernur Sulawesi Utara, rekomendasi pun sudah ada dan Saat ini juga kami sudah menyelesaikan kelengkapan Dokumen Usulan Pahlawan Nasional, oleh sebab itu , kami masih tetap mengusulkan untuk Bataha Santiago sebagai Pahlawan Nasional dari Nusa Utara Kabupaten Kepulauan Sangihe, semoga ibu direktur bisa membantu memperjuangkan usulan Pahlawan Nasional Dari Nusa Utara”.Jelas Silangen.

Dirinya Juga Menambahkan bahwa kebutuhan jaminan sosial yang sangat di perlukan khususnya masyarakat yang ada di kecamatan terluar sangatlah di harapkan perhatian oleh pemerintah pusat melalui kemensos. dalam usulan ini juga, khususnya Pahlawan Nasional Bataha Santiago bisa di jadikan pahlawan Nasional dari Kabupaten Kepulauan sangihe , mempunyai nilai yang strategis dan nilai moral yang baik.

” Perjuangan Bataha Santiago Untuk Nusa Utara sangatlah berarti dengan nilai strategis dan moral yang baik terhadap masyarakat, dan kami akan tetap mengusulkan Bataha Santiago Sebagai pahlawan Nasional dari Nusa Utara Kabupaten Kepulauan Sangihe yang sampai sekarang masih belum ada Pahlawan dari Nusa utara, juga bisa membuat bangga wawasan kebangsaan apabila terdapat pahlawan dari Nusa Utara, ini juga merupakan dapil saya selaku DPRD Prov Sulut” Ujar Silangen.

Baca juga:  Dosen POLNUSTAR Ajari Perangkat Kampung Karatung II Tentang Penerapan Teknologi Google Cloud Guna Mengoptimalisasi Kinerja

Di momen yang sama, Direktur Pemberdayaan Kelompok Rentan Kementerian Sosial Dewi Sartini Merespon baik dengan usulan Pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe terkait jaminan sosial serta pahlawan Nasional.

” Walaupun Masih belum di tetapkan Bataha Santiago sebagai Pahlawan Nasional, Kami akan tetap membantu dalam proses kelengkapan Dokumen Pahlawan Bataha Santiago agar bisa di tetapkan sebagai Pahlawan Nasional , untuk jaminan sosial masyarakat yang ada di kecamatan terluar, kemensos melalui ibu menteri pasti akan menindaklanjuti kebutuhan yang diperlukan untuk masyarakat”. Jelas Dewi Sartini.

Seusai melaksanakan pertemuan dengan Direktur pemberdayaan kelompok rentan, Penjabat Bupati Sangihe bersama Ketua DPRD Prov Sulut dan Anggota DPRD Provinsi Sulut melanjutkan Pertemuan dengan Dirtjen perlindungan dan Jaminan sosial direktorat Jenderal Perlindungan dan jaminan Sosial Kemensos RI dalam rangka usulan tentang Jaminan Sosial yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Penjabat Bupati Sangihe dr Rinny Tamuntuan menjelaskan bahwa dalam waktu kurang lebih sebulan Kabupaten Kepulauan Sangihe mengalami bencana alam dan membutuhkan bantuan dan perhatian dari pemerintah pusat.

” Di mohon untuk pemerintah pusat, terutama bapak dirjen perlindungan dan Jamsos bisa membantu dalam upaya perbaikan fase bencana yang di alami daerah kepulauan sangihe. harap Tamuntuan.

Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI segera memberikan respon yang baik apa yang di sampaikan oleh Penjabat Bupati Sangihe,

“Hal-hal yang di sampaikan oleh Penjabat Bupati Sangihe, akan kami usahakan dan ditindaklanjuti segera mungkin, dan di mohon untuk penguatan proses percepatan usulan ini, segera di buat agar bisa langsung di fasilitasi ke Menteri sosial RI untuk di tindak lanjuti. Jelasnya.

Terpantau Sejak Pukul 16.00 Wita Penjabat Bupati melanjutkan audensi dengan Direktorat Pencegahan Dampak Lingkungan Usaha dan Kegiatan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk memperjuangkan Percepatan pengurusan Persetujuan Lingkungan bagi Kegiatan Pembangunan Pelabuhan Tahuna.

Pertemuan tersebut di terima Oleh Kebijakan Muda Teguh Irawan bersama jajaran dan Dalam pertemuan tersebut, Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe meminta kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kiranya dapat membantu kelancaran dalam proses penginputan dokumen Andal dan RKL-RPL dan dokumen lainnya melalui PTSP KLHK sampai dengan Pemeriksaan dokumen di Komisi Penilai Amdal hingga mendapatkan Persetujuan Lingkungan dari Menteri KLHK.

Baca juga:  RSUD Liunkendage Tahuna, Terima Sertifikat Akreditasi Bintang Tiga Dari KARS

Sementara itu , Pihak KLHK bersedia membantu dan memfasilitasi proses tersebut dan akan melakukan pendampingan dalam proses pengurusan di setiap tahapan di KLHK. hal ini perlu dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe agar Pembangunan tambahan dermaga Pelabuhan Tahuna dapat segera dilakukan sehingga dapat memperluas area pelabuhan baik untuk Kenyamanan Penumpang serta untuk kelancaran kegiatan bongkar muat di Kapal Kargo.

Agenda Lain Penjabat Bupati Sangihe , Terpantau Pada Pukul 15.30 Wib, Penjabat bupati di dampingi kadis PUPR dan Kominfo melakukan pertemuan di direktorat Jenderal sumber daya air Kementerian PUPR yang di terima langsung oleh direktur sungai dan pantai, ir. Bob Arthur lombogia, MS.i bersama jajaran.

Dalam pertemuan tersebut Penjabat Bupati Sangihe dr Rinny Tamuntuan dalam penjelasanya menyampaikan terkait kebutuhan masyarakat yang ada di kabupaten Kepulauan Sangihe , khususnya penanganan laut pantai akibat bencana di beberapa titik yang ada daerah kepulauan Sangihe, seperti di teluk tahuna, di Naga1, Dagho Kecamatan Tamako, serta juga talut yang nantinya akan melindungi BTS yang merupakan stasion dari palapa ring yang ada di kecamatan Tahuna barat kelurahan Pananekeng.

Pada kesempatan itu juga, Pj. Bupati mengharapkan dapat di fasilitasi kegiatan lainnya seperti penanganan sungai yang ada di kab. Kepulauan Sangihe antara lain kegiatan normalisasi dan pengelolaan air baku.

Direktur menyambut baik atas apa yang di sampaikan oleh Penjabat Bupati, dan mengarahkan agara proposal bisa di tindak lanjuti dengan data data teknis yang nanti nya bisa di koordinasikan dengan balai wilayah sungai sulawesi 1 untuk selanjutnya di komunikasikan lagi dengan kementerian PUPR melalui balai wilayah sulawesi ,

Dalam hal ini, direktur mengharapkan adanya Feedback terhadap kunjungan yang telah di laksanakan oleh Penjabat Bupati.

” Merespon dengan baik atas usulan yang ada. saya sangat mengenal betul lokasi – lokasi yang ada di sangihe, di karenakan pernah menjabat di balai sungai wilayah sulawesi.Pungkasnya. (JB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *