Peduli Dengan Rakyatnya dr Rinny Tamuntuan Serahkan Bantuan BPBD Pusat di Kampung Nanedakale Nusa Tabukan Sangihe

SANGIHE.SASTALPOST. Kepedulian Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe Kepada Masyarakatnya terus tersalurkan melalui rasa empati kepada Masyarakat dengan perjuangan melewati Lautan di Kampung Nanedakalale Nusa Tabukan Sangihe.

Melewati lautan dr Rinny Tamuntuan Sambangi Kampung Nanedakale untuk menyerahkan Bantuan BPBD Pusat.

Penyerahan secara langsung tersebut di laksanakan di Kantor Kapitalauang Nanedakele kecamatan Nusa Tabukan (Nustab) yang disaksikan langsung Oleh Anggota DPRD Deny Roy Tampi, Kapitalaung Husen Mahengkeng, Sekretaris kampung Nehemia Lalo, Babinsa Nanedakele Serma Elvis Maradung, Staff khusus Bupati, insan Pers serta beberapa anggota masyarakat.

Bantuan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD Pusat) diserahkan Langsung Penjabat Bupati dr Rinny Tamuntuan teruntuk penerima bantuan yang terdampak bencana di Kampung Nanedakale yakni 250 juta untuk logistik dan 500 juta untuk operasional pemulihan tanggap darurat.

Sementara itu, Kepala Badan (Badan) BPBD Kabupaten Kepulauan Sangihe Wandu Labesi Sebelum Penyerahan dilaksanakan menyampaikan ada 9 KK yang terdampak korban bencana alam menerima bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe

” lewat perjuangan Ibu Pejabat Bupati daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe mendapat bantuan dari Pemerintah Pusat dengan anggaran 250 juta untuk logistik dan 500 juta untuk pemulihan tanggap darurat,”Ungkap Labesi.

Dalam sambutannya dr Rinny Tamuntuan menjelaskan bahwa kita semua tidak menginginkan bencana ini. Namun kalau sudah terjadi tentunya pemerintah juga hadir bersama-sama dengan masyarakat, seperti pada waktu lalu juga sudah turun bantuan dalam keadaan darurat.

“Sesuai dengan laporan yang kami sampaikan kepada Pemerintah Provinsi yang langsung ditindaklanjuti, sehingga pada saat ini dapat diberikan bantuan dari Pemerintah Pusat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),” Kata Tamuntuan.

Dirinya juga menambahkan untuk masyarakat yang belum mempunyai BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan khusus perangkat kampung, untuk segera membuat karena sangat membantu bagi kita semua.

“Untuk BPJS Ketenagakerjaan tentunya sangat membantu jika ada keluarga yang ditinggalkan, dan untuk BPJS Kesehatan juga harus dimiliki. Apalagi pemerintah juga menyiapkan anggaran untuk peserta BPJS yang dulu mandiri, kalau sudah tidak sanggup untuk membayar cicilan tentunya bisa dianggarkan lewat tanggungan dari pemerintah,” Ujar Tamuntuan.

dr Rinny Tamuntuan juga  terus berupaya berkunjung ke Kementerian Sosial lanjut dia, supaya anggaran untuk BPJS Kesehatan ini lewat Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS) dapat di proses.

“Saya sudah bermohon tapi semua itu ada waktunya untuk berproses. Kita juga berdoa agar semua hal ini bisa ditindaklanjuti oleh kementrian sosial, mengingat juga anggarannya yang cukup besar dan khusus untuk Kabupaten Kepulauan Sangihe sudah menjadi tanggung jawab saya untuk tetap membantu,” Lanjutnya.

Dimomen tersebut , dr Rinny Tamuntuan  menghimbau kepada semua Kapitalaung jika terjadi bencana alam, langsung segera mendata keluarga yang terkena dampak bencana, agar pemberian bantuan tepat sasaran.

“Karena ada program pemerintah pusat yaitu rumah sederhana terpadu untuk korban bencana alam yang mengalami kerusakan parah. Dan semua ini tinggal tunggu berproses,” ujarnya.

Diakhir Acara,  Camat Nusa Tabukan Deny Abram,SH,MH menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah daerah khususnya Pj Bupati dr Rinny Tamuntuan,.

“Di ucapkan banyak terima kasih untuk perjuangan dan perhatiannya kepada masyarakat Kecamatan Nusa Tabukan,” Pungkasnya. Kamis (16-03/2023).

 

(JB)