Pemda Sangihe Terima Penghargaan Universal Health Coverage Award

SASTALPOST.COM-BPJS Kesehatan Nasional berikan Penghargaan Universal Health Coverage kepada pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa(14/03/2023).

Kabupaten kepulauan Sangihe mendapat penghargaan dikarenakan masuk dalam deretan 22 provinsi dan 334 kabupaten/kota se- Indonesia yang memenuhi kriteria penerima penghargaan, yakni telah mencapai cakupan kepesertaan minimal 95 persen peserta JKN dibandingkan jumlah penduduk dan sudah melakukan integrasi Jamkesda.

UHC Award adalah penghargaan kepada Pemerintah Daerah yang telah berhasil mewujudkan implementasi JKN-KIS di wilayahnya dengan cakupan kepesertaan mencapai lebih dari 95% dari total penduduk.

Kegiatan Penerimaan Penghargaan tersebut dihadiri Oleh Wakil presiden RI, Prof.Dr.(H.C) K.H.Ma’ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan(PMK) Prof.Dr.Muhadjir Effendy M.A.P, Menteri Dalam Negeri, Jenderal Polisi (Purn) Prof Drs.H.Muhamad Tito Karnavian, M.A, pH.D, Direktur Utama BPJS Kesehatan Pusat, Prof dr Ali Ghufron Mukti, M.Sc, pH.D, AAK, Gubernur, bupati/walikota penerima penghargaan serta tamu kehormatan lainnya.

Wakil presiden RI, Prof.Dr.(H.C) K.H.Ma’ruf Amin dalam Sambutanya menyampaikan beberapa poin penting terkait sosialisasi Pemerintah Melalui BPJS.

” Ada beberapa hal yang menjadi empat poin penting, yakni adanya Peran pemerintah dalam mendaftarkan masyarakat ke BPJS kesehatan, Memastikan setiap pemberi kerja agar mendaftarkan pekerja dan keluarganya sebagai peserta BPJS, Peningkatan mutu layanan serta Peningkatan kualitas pelayanan BPJS terhadap seluruh peserta.” Jelas Prof.Dr.(H.C) K.H.Ma’ruf Amin.

Di tempat yang sama, Penjabat Bupati Sangihe dr Rinny Tamuntuan yang menerima penghargaann secara langsung dari Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, mengucapkan terimakasih kepada BPJS kesehatan yang telah hadir memberikan pelayanan dan kemudahan bagi masyarakat di bidang kesehatan.

” Disampaikan Terimakasih Kepada BPJS Kesehatan Nasional,  Dengan target UHC yakni 98 persen untuk seluruh Indonesia di tahun 2024, pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe siap mendukung dan bersinergi untuk pencapaian tersebut”. Tutur Tamuntuan.(Jay)