Demi Peningkatan Derajat Kesehatan Warga Binaan, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Polnustar Berikan Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan di Lapas Kelas IIB Tahuna

SANGIHE, SASTALPOS.COM – Demi peningkatan derajat kesehatan warga binaan Lapas Kelas IIB Tahuna Tim Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Negeri Nusa Utara (Polnustar) melakukan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan. Selasa, (18/7/20223).

 

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat  yang diketuai oleh Yenny B. Makahaghi, S. Kep, Ns, M. Kes beranggotakan Ferdinand Gansalangi. SKM, ME., M.Kes Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih Sehat dan penyuluhan hipertensi, Diabetes melitus dan asam urat serta koletrol dan Pemeriksaan Kesehatan gratis bagi warga Binaan Lapas Kelas IIB meliputi (tekanan darah, kolestrol, asam urat dan gula darah).

 

“ Upaya peningkatan derajat kesehatan merupakan kegiatan untuk memelihara serta meningkatkan kesehatan yng bertujuan untuk mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat. Upaya ini adalah untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya sebagai satu investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif,” Kata Yenny B. Makahaghi, S. Kep, Ns, M. Kes.

Baca juga:  Pemkab Sangihe Salurkan Bantuan Dan Berempati Pascah Tragedi Meletusnya Gunung Ruang Sitaro

 

Senada juga disampaiakn oleh anggota tim Ferdinand Gansalangi. SKM, ME., M.Kes. Salah satu strategi untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat adalah dengan memberikan pemahaman, pengetahuan dan kesadaran masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

 

“ Tim pengmas Polnustar melakukan pemeriksaan Kesehatan dan Pendidikan Kesehatan (penyuluhan) untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan terutama meningkatkan derajat kesehatan serta mengingatkan masyarakat terhadap pentingnya menjaga pola hidup sehat,” Papar Gansalangi.

 

Menurut ketua tim, setelah dilakukan penyuluhan dan pemeriksaan terdapat beberapa hal diantaranya kurangnya pengetahuan tentang penyakit degeneratif warga lapas tentang hipertensi, diabetes mellitus, asam urat dan kolestrol dan kurangnya perilaku hidup bersih dan sehat warga lapas kelas IIB

Baca juga:  Begini Harapan Ketua Bawaslu Sangihe Saat Lantik 45 Panwascam

 

tujuan kegiatan ini tentu sangat diharapakan pengabdian tersebut dapat meningkatkan pengetahuan, kesadaran, kemauan dan kemampuan warga Binaan Lapas untuk dapat melakukan PerilakuHidup sehat dalam meningkatkan derajat kesehatan,” Ungkapnya.

 

Kegiatan Positif ini langsung dihadiri dan didampingi oleh kepala Lapas Kelas IIB Tahuna Suharno, SH,MH. Dalam tanggapannya mengatakan kegiatan pengabdian ini dapat menambah pengetahuan warga binaan dan pegawai untuk mengetahui kesehatannya sehingga hal ini mempunyai nilai pelayanan kesehatan kepada warga binaan dengan baik dan optimal.

 

“ Sangat positif kegiatan seperti ini, dan semoga kedepan Kampus Politeknik dapat hadir kembali di Lapas kelas IIB Tahuna, dengan berbagai materi dalam peningkatan SDM maupun kesehatan. Dan Kami sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan seperti.” Tutup Suharno. (ADV)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *