Peningkatan Kinerja Perangkat Kampung, Tim PKM POLNUSTAR Berikan Pelatihan Aplikasi Chat GPT Tingkat Dasar

SANGIHE, SASTALPOS. COM – Tim PKM Politeknik Negeri Nusa Utara ( POLNUSTAR) memberikan pelatihan Aplikasi Chat Generative Pre-Training  Transformer ( GPT) tingkat dasar guna meningkatkan kinerja perangkat kampung di kampung Mala Kecamatan Manganitu.

Kegiatan pelatihan ini diketuai oleh Ketuai oleh Ella H. Israel, SE. Ak. M.Kom Anggota Alfrianus Papus, SE.,M. Kom dan Steve A. Sehang, S.Pd., M.Cs.

Menurut ketua PKM, tujuan pengabdian ini adalah bagaimana cara memanfaatkan  TIK  oleh perangkat kampung untuk mendukung kegiatan perangkat kampung terkait pelayanan kepada masyarakat.


” Sangat penting untuk mengetahui pemanfaatan TIK dalam hal ini pemanfaatan  Aplikasi Chat GPT Tingkat Dasar di tingkat  pemerintahan kampung, karena kampung  merupakan suatu wilayah pemerintahan yang biasanya tertinggal dalam hal pemanfaatan TIK.” Kata Israel.

Lanjutnya, dengan adanya inisiatif dari kampung, studi mengenai pemanfaatan TIK di tingkat kampung menjadi suatu hal yang perlu dilakukan untuk lebih meningkatkan kualitas kerja dari perangkat kampung yang ada di Kampung Mala.


” Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang semakin pesat dalam usaha mengefektifkan layanan kepada masyarakat harus dilakukan sampai pada tingkat Desa. Keberadaan TIK selain dapat meningkatkan pelayanan juga bermanfaat dalam proses pengolahan data yang dapat digunakan untuk perencanaan pembangunan, mendukung pengambilan keputusan dan banyak manfaat lainnya.” Paparnya.

Ditambahkannya, Sistem informasi merupakan perpaduan antara teknologi informasi dan aktivitas orang. Teknologi informasi yang tercanggih sekalipun tetapi tidak ada yang mengoperasikan mengakibatkan sistem informasi tidak berjalan maksimal.

” Perpaduan teknologi informasi dan manusia pengelola merupakan kunci  suksesnya penerapan sistem informasi. Pekerjaan yang berulang-ulang dapat digantikan oleh sistem untuk menyederhanakan pekerjaan.” Kunci Ella.

Sementara itu, Kapitalaung Kampung Mala Kapitaluang kampung Mala Ferdinan F. Sehang mengapresiasi pelatihan yang dilaksanakan oleh tim PKM dari POLNUSTAR   dimana sangat bermanfaat bagi perangkat Kampung.

” Kegiatan ini sangat bermanfaat dalam peningkatan kapasitas perangkat Kampung. Dalam TIK. ” Tandas Sehang. (ADV).