Tim Matching Fund POLNUSTAR Latih Warga Kampung Mahumu Cara Membuat Ikan Kayu

SANGIHE, SASTALPOS.COM – Tim Matching Fund Politeknik Negeri Nusa Utara ( POLNUSTAR) melaksanakan kegiatan pelatihan cara membuat ikan kayu kepada warga masyarakat kampung Mahumu kecamatan Tamako. Sabtu, 4 November 2023.

Kegiatan pelatihan ini diketuai oleh Frets J. Rieuwpassa, beranggotakan Eko Cahyono, Wendy A. Tanod, Jaka F.P. Palawe dan Novalina M.S. Ansar.

Menurut ketua tim, pelatihan tersebut memberikan pengetahuan kepada masyarakat Kampung Mahumu terlebih khusus anggota koprasi nelayan Maming, secara bertahap mulai dari proses penyiangan, pencucian, perebusan pengasapan dengan tungku tebiyama hingga diperoleh ikan kayu.

” Pemberian materi pelatihan ini secara bertahap mulai dari pembangunan rumah asap yang dilengkapi dengan tungku pengasapan dan perebusan sejak bulan Oktober lalu. ” Kata Rieuwpassa.

Dijelaskannya pula, sejak tahap awal anggota koperasi dapat mengikuti proses pelaksanaan pelatihan dengan baik. Sebab pelatihan sampai cara mengoperasikan tungku tebiyama dan cara pengasapan ikan yang baik dan benar.

” Kami juga akan membawa contoh ikan kayu tersebut ke kota Manado untuk bertemu dengan pelaku usaha ikan kayu sehingga dapat memperoleh masukan perbaikan dan juga peluang pasar ikan kayu, ” Tuturnya.

Sementara itu, ketua koperasi Maming Duminggu Sasebohe sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim masyarakat mengikuti dengan baik setiap tahapan yang dilaksanakan oleh Tim Matching Fund POLNUSTAR.

” Kegiatan ini sangat berdampak positif bagi kami anggota koperasi. Karena mendapatkan pengetahuan serta membuka peluang baru untuk meningkatkan kesejahteraan anggota koperasi. ” Tandas Sasebohe. (ADV).