Penjabat Bupati Sangihe, Evaluasi Kinerja OPD. Ini Pesan Tamuntuan

SANGIHE, SASTALPOS.COM – Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Rinny Tamuntuan siang tadi mengevaluasi kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Rabu (08/06/2022).

 

Peserta rapat kerja ini, yakni kepala OPD dan kepala bagian Sekretariat Daerah (Setda) di lingkungan pemerintah kabupaten kepulauan Sangihe  di pendopo rumah Jabatan Bupati.

 

Pada kesempatan itu, Asisten I Setda Sangihe, Johanis Pilat menyampaikan laporan rapat evaluasi realisasi penerapan anggaran APBD 2022, dengan tujuan membangun sinergitas singkronisasi pada bagian penerintah daerah.

Baca Juga : Penjabat Bupati Sangihe Ikut Arahan Presiden Joko Widodo bersama 48 Penjabat Kepala Daerah

Menurut Pilat,  rapat evaluasi juga mengidentifikasi masalah dan mencari solusinya, terutama evaluasi realisasi penerapan APBD tahun 2022.

 

Pada kesempatan evaluasi para kepala OPD diberikan kesempatan memaparkan program dan evalusi selama lima menit.

Baca Juga : Sehari Dua Kegiatan, Rinny Tamuntuan Lakukan Terobosan di Jakarta

Dalam arahannya, Penjabat Bupati mengatakan dirinya ingin mengetahui realisasi kegiatan di setiap OPD termasuk target kerja.

“Jadi, perlu ada evaluasi dari setiap OPD sehingga kerja kita terukur dan tepat sasaran” kata Tamuntuan.

 

Tamuntuan juga, menyampaikan pesan Presiden pada saat arahan Presiden kepada setiap Penjabat Bupati maupun Walikota, dimana penjabat Bupati harus memiliki kepekaan terhadap masalah di masyarakat dikarenakan permasalahan global saat ini.

Baca Juga : Penjabat Bupati Sangihe Buka Secara Resmi Turnamen Sepak Bola Piala Kapolres Cup 2022

Seperti perang Ukraina – Rusia dan masalah Pandemi Covid-19 yang belun tuntas didalamnya masalah capaian target vaksinasi.

 

Ditambahkannya, pesan Presiden bahwa Penjabat Bupati harus melakukan program unggulan lokal yang bisa di masukan dalam E Katalok sehingga memicu pertumbuhan ekonomi lewat UKM yang harus didorong seperti perijinannya harus di permuda lalu OPD terkait mampu memberdayakan potensi UKM.

 

“ Pesan Pak Presiden juga, soal pemanfaatan lahan kosong yang harus di berdayakan maka OPD bisa bersinergi untuk menunjang program tersebut,” ungkap Penjabat Bupati.

 

Selain itu, Penjabat Bupati mendorong setiap pejabat maupun OPD harus mampu melakukan terobosan yang bersinergi dengan semua pihak sehingga capaian pemerintah daerah terukur dan berkelanjutan.***