Sehari Dua Kegiatan, Rinny Tamuntuan Lakukan Terobosan di Jakarta

SASTALPOS.COM – Belum sebulan menjadi Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Rinny Tamuntuan terus berupaya untuk melakukan terobosan lewat program pemerintah pusat untuk bisa masuk di Kepulauan Sangihe.

 

Pasalnya, Jumat, (03/06/2022) di Jakarta, Penjabat Bupati Rinny Tamuntuan menanda tangani naskah perjanjian Hibah dengan Lembaga Pengelola Proyek Forum Budaya Dunia Heritages (LPP FBDH).

baca juga : Legislative SULUTGO Expo 2022, PJ Bupati Rinny Tamuntuan Sambangi Stand DPRD Sangihe

Dalam perjanjian hibah tersebut Pemerintah Daerah mendapatkan hibah Lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) yang diperuntukan bagi desa-desa di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

 

Hibah PJU – TS ini merupakan program pemerintah pusat “ Indonesia Terang “ dengan menggunakan tenaga surya yang hemat energi bagi masyarakat yang belum mendapatkan akses listrik.

 

“ Tujuannya untuk membantu masyarakat yang belum mendapatkan akses penerangan jalan umum di Desa Tertinggal/Daerah terpencil. Sangihe sendiri menjadi salah satu yang diprioritaskan karena merupakan daerah yang ada di Perbatasan,” Kata Citro Panuwun Al-Abdussalam Aziz  Ketua Umum LPP FBDH.

 

Adapun pembiayaan dalam pengadaan, distribusi dan pemasangan PJU-TS ini bersumber dari LPP FBDH sendiri. Menyusul penandatanganan ini LPP FBDH akan melaksanakan survey penentuan titik koordinat dan peta jaringan pemasangan PJU-TS yang menyesuaikan dengan pihak Pemerintah Sangihe

Baca Juga : Legislative SULUTGO Expo 2022 Resmi Dibuka, DPRD Sangihe Optimis Juara Umum ke – 5 Kalinya

Pemerintah sendiri memprioritaskan pemasangan lampu jalan ini di lokasi-lokasi yang sangat membutuhkan penerangan jalan yang akan di sebar ke seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

 

“ Rencana jumlah bantuan lampu PJU-TS yang disediakan untuk Sangihe adalah sejumlah 5000 unit, dimana waktu pelaksanaan hibah ini secara bertahap sampai dengan tahun 2025,” Ungkap Aziz

 

Penjabat Bupati, mengucapkan terima kasih  dan memberi apresiasi yang tinggi kepada LPP FBDH dibawah pimpinan Ketua Umum Bapak Citro Panuwun Al-Abdussalam Aziz  yang telah memberikan bantuan hibah tersebut

 

“Bagi kampung-kampung yang minim penerangan, lampu jalan dengan menggunakan energi surya ini dapat membantu masyarakat dalam kegiatan seperti ketika anak-anak belajar. Semoga dengan adanya program ini akan menjadikan Sangihe lebih bersinar, menuju Nusantara bersinar,” Beber Tamuntuan.

 

Selanjutnya, di hari yang sama Tamuntuan melakukan pertemuan dengan Direkur Jendral (Dirjen) penencegahan dan pengendalian penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS di Gedung Kemenkes RI di Jakarta.

 

Pertemuan ini, dengan agenda untuk Rumah Sakit Pratama diwilayah Manganitu Selatan bermohon melalui Aplikasi Krisna, Peningkatan DAK untuk Puskesmas, Optimalisasi Imunisasi Dasar dan Gerakan Posyandu, Alat LAB untuk Puskesmas dan peningkatan Nakes berprestasi melalui program beasiswa.

 

“Tentu,  kita harus membangun komunikasi dengan pihak kementerian agar program yang akan kita laksanakan di Sangihe bisa mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian” tandas  Penjabat Bupati.***

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.